Membuat Menu Login Root di Linux Ubuntu

Membuat Menu Login Root di Linux Ubuntu? Maksudnya apa ini, bukannya menu login sudah ada? Yupz bener, menu login memang sudah ada. Namun, semenjak Ubuntu 12.04 menu login yang ada hanya untuk username yang kita buat pada saat installasi Ubuntu dan username untuk guest, alias username yang ada tidak dapat dirubah-rubah. Berbeda dengan Ubuntu 12.04 kebawah, dimana username nya dapat dimasukkan sesuai keinginan kita. Itulah kendala yang saya temui ketika upgrade ke Ubuntu 12.04 beberapa bulan lalu.

Lalu untuk apa kita login sebagai root. Dengan login sebagai root, maka kita akan mempuyai hak akses penuh terhadap file-file yang berada di PC kita, tidak seperti user yang kita buat pada saat instalasi karena user yang kita buat saat itu adalah user biasa. User biasa tidak dapat copy paste di folder file system, tidak dapat membuat folder di file system dan batasan-batasan lainnya. Dengan login sebagai root, maka kita bisa menjadikan username kita mempunyai hak akses penuh layaknya username root. Hal inilah yang saya butuhkan pada saat itu ketika saya tidak dapat membuat folder atau copy paste pada folder htdocs XAMPP yang baru saya install, maklum baru belajar linux jadi belum begitu mengerti merubah permissions / hak akses dengan chmod di terminal, jadi cari cara yang lebih gampang hehe..

Berikut langkah-langkah untuk membuat menu login root :

  1. Masuk ke Terminal (bukan terminal bis yak..)
  2. Ketik su lalu masukkan password anda (cara mengetahui password root ada disini)
  3. Kemudian ketik echo "greeter-show-manual-login=true" >> /etc/lightdm/lightdm.conf
  4. Tekan enter, lalu exit
  5. Sekarang restart PC anda, maka sudah ada tambahan menu satu lagi untuk login sesuai username yang anda inginkan.
Membuat Menu Login Root di Linux Ubuntu

Sekarang anda bisa login dengan username root, dan merubah hak akses file, misalnya menjadikan create and delete files untuk semua user dan untuk semua file didalam folder tersebut, atau settingan lainnya sesuai yang anda mau.
Membuat Menu Login Root di Linux Ubuntu

Tampilan loginnya seperti ini:
Membuat Menu Login Root di Linux Ubuntu

Semoga bermanfaat.

1 comment for "Membuat Menu Login Root di Linux Ubuntu"

Post a Comment