Cara Mengubah Password ROOT / Super User

User account yang dibuat saat melakukan penginstallan Ubuntu pertama kali bukan di anggap sebagai Administrator, berbeda sekali dengan Windows yang saat melakukan penginstallan pertama kali akan langsung ditentukan sebagai Administrator. Sehingga, setiap akan melakukan perubahan sesuatu atau ingin menginstall aplikasi tidak akan ditanyai password.

Lain halnya dengan linux, setiap kali ingin menginstall sesuatu atau melakukan perubahan sistem pasti akan ditanyai password root (super user) atau fake root (sudo). Misalnya saja pada saat ingin menginstall aplikasi dari Repository (Ubuntu Software Center), pasti akan muncul message box untuk memasukkan password root (super user) seperti ini :
Cara Mengubah Password ROOT / Super User

Root atau Super User adalah user account yang mempunyai akses penuh terhadap sistem linux. Bagaimana caranya untuk mengetahui password root (super user) agar kita dapat melakukan perubahan pada sistem linux padahal pada saat awal instalasi hingga akhir instalasi ternyata tidak ada form yang harus diisi oleh user berkenaan dengan password root (super user) ini. Berikut ini langkah-langkanya untuk mendapatkan password root di linux ubuntu :

  1. Buka Terminal/Konsole lalu ketikkan sudo su 
  2. Masukkan password user Anda. Sebelumnya muncul tanda ~$ itu tandanya user biasa, setelah mengetik password anda (fake root) maka akan berubah menjadi #
  3. Ketikkan passwd root, lalu tekan Enter.
  4. Kemudian akan muncul tulisan Enter new UNIX password: lalu masukkan password root yang baru yang ingin dibuat.
  5. Masukkan passwordnya sekali lagi. Kalau sudah berhasil maka akan muncul tulisan passwd: password updated successfull
    Cara Mengubah Password ROOT / Super User
Maka kini anda telah membuat password root yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan sistem. Silahkan dicoba untuk berbagai keperluan. Kini anda bisa hanya mengetik su sekali di Terminal/Konsole lalu bisa melakukan berbagai hal sebagai root, daripada berulang kali mengetik sudo. Lebih simple juga kan jadinya….

Semoga bermanfaat.

5 comments for "Cara Mengubah Password ROOT / Super User"

  1. mengapa keyboard tidak bisa mengetik password user ??

    ReplyDelete
  2. ketik username nya terlebih dahulu mas, setelah itu tekan ENTER, maka kolom untuk mengisi password akan muncul.

    ReplyDelete
  3. [sudo] password for ......: ???
    sudah muncul , tp untk kolom password keyboard tdk bsa mngetik..cuma tnda strip kedap kedip yg muncul. dan tdk bsa di ketik ??

    ReplyDelete
  4. Memang seperti itu sob, diketik saja passwordnya lalu tekan Enter. Coba aja dilihat gambar diatas, gak ada tulisan apa-apakan di passwordnya.

    ReplyDelete
  5. u/ password di unix, linux dsb. security password sangat dijaga, kan biasanya di windows ada ****** tuh, nah kalo di linux " " :-D CMIIIW

    ReplyDelete

Post a Comment