Mengenal HTML

Mengenal HTML
HyperText Markup Language (HTML) merupakan standard bahasa yang di gunakan untuk menampilkan documen web. HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Yang bisa anda lakukan dengan HTML yaitu:
  1. Mengontrol tampilan dari web page dan kontennya.
  2. Mempublikasikan dokumen secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
  3. Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  4. Menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam documen HTML.
Untuk merancang sebuah dokumen web, minimal kita memerlukan 2 buah software/program yaitu :

  1. Browser. Browser merupakan software yang di install di mesin client yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Browser yang sering di gunakan biasanya Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Safari, Google Chrome dan masih banyak yang lainya. Terserah anda mau menggunakan browser yang mana, kalau saya lebih menayarankan menggunakan Mozilla Firefox.
  2. Editor. Editor merupakan program yang di gunakan untuk membuat document HTML, ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya : Notepad, Notepad++, EditPlus, Komodo Edit, Dreamweaver, Bluefish, KompoZer. Terserah anda mau menggunakan editor yang mana, kalau saya lebih menyarankan menggunakan Notepad++ / Komodo Edit / EditPlus.
Web adalah sarana yang bermanfaat untuk mengemukakan ide-ide anda. Dalam merancang sebuah website, tentukan terlebih dulu tujuan pembuatan website tersebut, apakah untuk mempublikasikan perusahaan anda, publikasi diri pribadi, publikasi produk-produk baru usaha anda, atau yang lain. Setelah itu putuskan halaman-halaman web apa yang diperlukan untuk website tersebut. Dengan menambahkan suara, gambar, dan video website anda akan menjadi lebih menarik. Anda harus mengorganisasikan ide-ide anda dan mengembangkan strategi khusus sebelum membuat dokumen web.

Jika sasaran pembaca web page anda adalah orang lokal, sebaiknya dokumen web tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini agar pembaca dapat degan cepat memahami dan memberikan reaksi untuk mempercepat reaksi atas web page anda.

2 comments for "Mengenal HTML"

  1. Emmm jadi ingat pertama kali belajar HTML, waktu itu saya kelas 1 SMP... :D

    ReplyDelete
  2. pantesan dh jago ya mas sekarang web programingnya...

    ReplyDelete

Post a Comment