Cara Install Linux Ubuntu

Operating System apakah yang digunakan komputer Anda sekarang? Apakah Windows OS, Linux OS, Mac OS atau OS lainnya? Jika saat ini menginginkan OS yang gratis dan legal maka Linux OS lah jawabannya, salah satu distro dari Linux yaitu Ubuntu.

Sebelum lebih jauh, mari dibahas dulu apa itu Operating System. Sistem Operasi (Operating System / OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem Operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Salah satu OS yang terkenal adalah Windows : Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan yang sebentar lagi akan dirilis yaitu Windows 8. Namun sayang harga dari OS Windows lumayan mahal, karena itu banyak orang bilang “Windows hanya milik orang kaya “, kecuali yang bajakan bisa dinikmati semua orang. Selagi masih ada yang bisa gratis dan legal, untuk apa pakai yang bajakan. Linux lah alternatif untuk hal itu.

Ada banyak distro Linux (distribusi Linux) yang telah muncul. Beberapa bertahan dan besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya Distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro anak, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya. Untuk mendapatkan distro linux, silahkan diunduh/didownload langsung dari situs distributor distro bersangkutan secara LEGAL dan GRATIS, atau jika mempunyai uang yang memadai, dapat membelinya dari penjual lokal. Dan kali ini akan dibahas tentang Ubuntu, terutama cara installnya. Saat ini sudah ada versi Ubuntu 11.10. Berikut ini langkah-langkah untuk menginstallnya :
  1. Download Ubuntu disini. Kemudian burning file ISO hasil download tadi ke dalam CD atau FlashDisk.
  2. Untuk menginstall Ubuntu, maka Anda harus booting melalui CD atau FlashDisk yang telah diburning tadi.
  3. Ketika booting berjalan, maka tampilan awalnya seperti gambar dibawah ini. Terdapat pilihan :
    - Bahasa : untuk memilih bahasa yang diinginkan.
    - Try Ubuntu : untuk mencoba ubuntu tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu, dan dapat diinstall kemudian.
    - Install Ubuntu : langsung menginstall ubuntu di komputer anda.
     Cara Install Linux Ubuntu
  4. Jika mengklik Try Ubuntu, maka seperti ini lah tampilannya. Anda bisa mencoba-coba aplikasi yang anda disana. Jika setelah mencoba-coba aplikasinya anda merasa senang dan ingin menjadikan ubuntu sebagai OS komputer anda, maka klik icon Install Ubuntu 11.10 seperti gambar ini :
    Cara Install Linux Ubuntu
  5. Pilih bahasa yang anda inginkan, lalu klik Continue.
    Cara Install Linux Ubuntu
  6. Hardisk minimal harus tersedia 4.4 GB untuk menginstall OS ubuntu ini. Jika menggunakan laptop sebaiknya di sambungkan ke arus listrik untuk mencegah habisnya baterai di tengah waktu menginstall. Jika ada koneksi internet lebih bagus, agar saat menginstall bisa sekaligus mengupdate software-software yang perlu di update. Jika tidak ada koneksi internet juga tidak masalah.
    Cara Install Linux UbuntuCara Install Linux Ubuntu
  7. Hardisk akan terdeteksi sebagai /dev/sda. Pilih Yes untuk meng-unmount hardisk agar setelah install nanti bisa dipartisi.
    Cara Install Linux Ubuntu
  8. Pilih installation type nya :
    - Alongside : jika menginginkan 2 OS berjalan di satu komputer, misalnya Windows dengan Linux atau Linux dengan Linux.
    - Upgrade : untuk mengupgrade ke versi ubuntu versi terbaru
    - Erase : untuk menghapus OS yang telah ada sebelumnya dengan menginstall ubuntu.
    - Something else : jika manginginkan pengarutan yang lebih advance.
    Cara Install Linux Ubuntu
  9. Sebaiknya backup terlebih dahulu file-file yang ada di hardisk anda ke hardisk yang lain, karena proses install ini akan menghapus file-file anda. Klik tombol Install Now untuk menginstallnya.
    Cara Install Linux Ubuntu
  10. Pilih negara atau daerah, misal Indonesia (Jakarta), kemudian pilih keyboard layoutnya.
    Cara Install Linux UbuntuCara Install Linux Ubuntu
  11. Isikan namamu, nama komputer, username, password, dan password lagi.
    Cara Install Linux Ubuntu
  12. Pilih gambar untuk user anda, bisa juga megambil gambar dari webcam jika komputer anda mempunyai kamera.
    Cara Install Linux Ubuntu
  13. Tunggu sampai proses installasi ubuntunya selesai.
    Cara Install Linux Ubuntu
  14. Jika sudah selesai klik Restart Now, maka komputer kini akan menjalankan OS Linux dari hardisk anda.
    Cara Install Linux Ubuntu
Semoga bermanfaat...

No comments for "Cara Install Linux Ubuntu"