4 Dasar Sifat Manusia (Melankolis, Koleris, Phlegmatis dan Sanguinis)

Sudahkah kamu mengetahui kepribadian masing-masing? Mengetahui dan memahami kepribadian diri sendiri dapat mengoptimalkan apa yang ada di dalam diri kita sendiri. Sedangkan mengetahui dan memahami kepribadian orang lain dapat mengoptimalkan untuk sosialisasi terhadap lawan bicara kita. Umumnya, terdapat 4 sifat dasar manusia yaitu melankolis, koleris, phlegmatis dan sanguinis. Namun bisa juga kombinasi dari ke 4 sifat dasar itu. Berikut ini penjelasan mengenai sifat dasar manusia :
  1. Melankolis (Yang sempurna). Kepribadian ini mempunyai karakter kecenderungan untuk bersikap rapi, teratur, mempertimbangkan segala sesuatu. Ciri-ciri anak melankoli sekilas dapat dilihat mulai dari buku-bukunya yang terlihat rapi baik tulisan maupun sampul bukunya, berpakaian rapi, terkadang suka mengingatkan teman apabila sesuatu terlihat bukan pada tempatnya, secara akademis adalah anak yang cerdas dan pandai. Anak melankoli sangat suka “mengontrol” semuanya sendiri. Ciri lain melankoli adalah bicaranya dingin, suka mengatur, tak mau kalah, baku. Berhadapan dengan melankoli seperti diinterogasi karena setiap jawaban selalu ia kejar sampai mendalam. sebab memang ia ingin sempurna, tahu secara lengkap.
    Melankolis

  2. Koleris (Yang Kuat). Kepribadian yang tegas dan kecenderungan untuk memimpin, suka sekali mengatur atau memerintah, senang dengan tantangan, suka petualangan, kuat, tegas,  tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah. Ciri lain kepribadian ini adalah cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu dan memiliki motivasi yang kuat dari dalam. Biasanya kepribadian koleris tidak banyak teman karena suka mengatur dan tak mau kalah itu.
    Koleris
  3. Phlegmatis (Cinta Damai). Kepribadian yang mudah diatur, sangat toleran, cenderung diam, kalem, suka mengalah, tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri nggak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Dengan sabar mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda.
    Phlegmatis
  4. Sanguinis (Yang Poluler). Kepribadian yang cenderung ingin populer, ingin disenangi oleh orang lain, orang yang senang menjadi pusat perhatian. Seorang sanguinis sangat senang sekali bermain dan berkumpul dengan teman-temannya. Senang dengan aktivitas kebersamaan yang menyenangkan. Sisi lain kepribadian ini sedikit agak pelupa, cenderung berpikir pendek, sulit berkonsentrasi dan hidupnya serba tak beratur.
    Sanguinis
Semoga informasi ini bermanfaat agar kita dapat mengetahui kepribadian kita juga orang lain.

1 comment for "4 Dasar Sifat Manusia (Melankolis, Koleris, Phlegmatis dan Sanguinis)"

Post a Comment