Smartphone Ubuntu : Hybrid Android dengan Ubuntu

Di tahun 2013 ini perkembangan Teknologi akan semakin canggih. Salah satunya adalah OS Ubuntu. Ubuntu salah satu sistem operasi berbasis Linux. Kini Ubuntu akan melebarkan sayapnya ke dunia smartphone atau ponsel pintar. Sistem operasi Ubuntu ini pun diprediksi mampu mengalahkan Android dan iOS. Di era baru konvergensi di bidang teknologi ini, Ubuntu dengan satu sistem operasi terpadu akan mendukung komputasi awan (cloud computing), pusat data (online storage), PC dan consumer electronics lainnya.

Ada dua varian baru Ubuntu, yang dapat juga dikatan sebagai sistem operasi hybrid antara Android dengan Ubuntu, yaitu :
  1. Ubuntu for Android yang bisa mengubah ponsel Android sebagai komputer berbasis Ubuntu saat dimasukkan ke dalam dock khusus. Cara kerjanya seperti ini. Ubuntu akan diinstal di perangkat berbasis Android, tapi hanya sebatas aplikasi saja. Namun bila perangkat tersebut ditancapkan ke dalam dock khusus yang terhubung dengan monitor, maka perangkat ini bisa langsung dipakai sebagai komputer berbasis Ubuntu. Jika dicabut, fungsinya akan kembali ke Android. Seperti inilah penampilan smartphone Ubuntu for Android :
    Ubuntu for Android
  2. Ubuntu for Phone. Ubuntu yang satu ini merupakan sistem operasi tunggal untuk smartphone. Versi yang kedua ini mutlak tidak membutuhkan Android. Seperti inilah penampilan smartphone Ubuntu for Phone :
    Ubuntu for Phone
Smartphone Ubuntu punya interface yang lebih bersahabat dari seluruh sistem operasi ponsel saat ini baik Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone, ataupun OS lainnya. Melalui sebuah video ia memamerkan bagaimana mudahnya pengguna mengakses aplikasi favorit, mencari file, bernavigasi, hingga sistem notifikasi yang sederhana namun informatif. Interface smartphone berbasis Ubuntu ini cukup menarik dengan keempat tepi layarnya yang bisa menampilkan menu atau ikon aplikasi. Pengguna dengan mudah menemukan konten dan beralih di antara aplikasi dengan menyapu ke semua empat sisi layar. OS ini akan akan mendukung Web yang berbasis HTML5 dan aplikasi bawaan asli yang akan mencakup Facebook, Twitter, Google Maps, Gmail, dan Spotify sebagai langkah awal. Video tersebut dapat dilihat dibawah ini:

Ubuntu dan Android memang terlihat cukup menjanjikan, karena kedua sistem operasi itu memiliki 'nenek moyang' yang sama, dan sifat open source yang masih dipertahankan. Namun Ubuntu lebih unik, karena menawarkan konvergensi di smartphone dan desktop. Soal kekayaan aplikasi Ubuntu juga percaya bahwa toko aplikasi mereka yang bernama Ubuntu Software Centre mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Ubuntu untuk smartphone memang secara resmi sudah dikumandangkan, namun ponsel yang menggunakan sistem operasi ini diprediksi baru ada di penguhujung 2013 atau awal 2014.

Semoga bermanfaat.

No comments for "Smartphone Ubuntu : Hybrid Android dengan Ubuntu"