Install VirtualBox di Linux Ubuntu

VirtualBox adalah salah satu mesin virtual untuk menjalankan berbagai OS (Operating Systerm) secara bersamaan dalam satu komputer atau PC. Misalnya kamu mempunyai sebuah PC dan kamu ingin di PC  tersebut ada OS Windows, Linux, Mac OS X dan Solaris. Kamu ingin ke 4 OS tersebut berjalan secara bersamaan di PC tanpa menggangu OS yang lain, maka kamu dapat menggunakan software VirtualBox ini. Untuk mendapatkannya kamu dapat mendownloadnya disini. Download sesuai dengan OS utama (host) pada PC yang kamu gunakan. VirtualBox ini dapat diinstall di komputer host (komputer utama) yang ber-OS Windows, Linux, Mac OS X ataupun Solaris. Komputer guest (komputer virtual) yang dapat diinstall di VirtualBox antara lain OS Windows, Linux, Mac OS X, Solaris dan lain-lain.

Berikut langkah-langkah untuk mengintall virtual box di linux ubuntu 12.04 :
  1. Donwload dan install VirtualBox. Versi tebaru dapat di download di website VirtualBox, di Ubuntu Software Center juga ada, akan tetapi kadang versinya tidak terlalu update.
  2. Setelah di install tampilannya seperti gambar dibawah. Untuk memulai proses install OS nya, kamu dapat menekan tombol "New".
    VirtualBox

    VirtualBox


  3. Ketikkan Nama OS yang ingin kamu install, misalkan Windows7.
    VirtualBox
  4. Tentukan berapa besar RAM yang ingin anda gunakan untuk OS yang akan diinstall ini, misalnya 512 MB atau 1024 MB.
    VirtualBox
  5. Buat Virtual Hard Disk baru jika kamu belum pernah membuatnya.
    VirtualBox
  6. Tentukan jenis Virtual Hard Disk tersebut, misalnya VDI (VirtulBox Disk Image).
    VirtualBox
  7. Tentukan jenis Storage Detailnya, misalnya Dynamically Allocated.
    VirtualBox
  8. Tentukan berapa besar Virtual Hard Disk yang ingin anda alokasikan untuk OS yang akan diinstall ini, misalnya 25 GB atau 50 GB.
    VirtualBox
  9. Lihat Summary nya, jika ingin dirubah klik Back. Jika tidak ada, klik Create untuk membuat Hard Disk guna installasi OS yang kita inginkan. 
    VirtualBox

    VirtualBox
  10. Hasilnya akhirnya seperti ini :
    VirtualBox
  11. Langkah selanjutnya yaitu menginstall OS seperti menginstall OS pada komputer umumnya yaitu booting melalui CD (klik setting jika setelan booting pertama di VirtualBox adalah Hard Disk. Jika booting pertama Floppy atau CD/DVD ROM tidak usah dirubah).
    VirtualBox
  12. Klik Start untuk memulai install OS-nya dengan telebih dahulu memasukkan CD/DVD installer OS nya. Akan muncul seperti gambar di bawah ini :
    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

    VirtualBox

  13. Proses install selesai
  14. Setelah proses install selesai, kamu bisa menambahkan user kamu ke group vboxusers, dengan cara mengetik di terminal seperti ini : sudo usermod -a -G vboxuser heru. Ganti kata "heru" sesuai dengan user kamu.
    VirtualBox

    VirtualBox
Semoga bermanfaat.

No comments for "Install VirtualBox di Linux Ubuntu"