Browser Lynx / Elinks : Browser Berbasis Text Mode

Browser apa yang kamu gunakan sehari-hari untuk browsing ? Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer atau browser lainnya. Jika browser-browser tersebut sangat membebani PC anda alias loading terlalu lama dan lemot karena koneksi internet di tempat kamu tidak stabil dan speed internet anda sangat lambat, maka kamu harus mencoba browser yang satu ini : Lynx browser atau Elinks web browser.

Lynx browser dan Elinks web browser adalah salah satu web broswer yang berbasis text mode. Sebuah web brower yang unik bukan. Jadi hasil yang ditampilkan di layar monitor kamu adalah berupa text saja, tanpa gambar, tanpa CSS, tanpa JavaScript dan tanpa hal-hal lainnya yang memberatkan dalam memuat / me-load suatu halaman website. Di Linux Ubuntu 12.04 browser Elinks dapat berjalan dengan baik, namun browser Lynx tidak bisa. Namun di versi Linux 12.04 ke bawah, kedua browser tersebut, Lynx dan Elinks, dapat digunakan dengan baik. Tampilan browser Elinks seperti dibawah ini :

Elinks Web Browser

Elinks Web Browser

Untuk mendapatkannya kamu bisa menginstallnya dari Ubuntu Software Center. Fiturnya tidak kalah dengan web browser yang lain, antara lain :
  1. Terdapat Menu Bar, dapat dimunculkan atau diakses dengan menekan tombol ESC.
  2. Terdapat Open New Tab, untuk membuka halaman web di tab yang baru.
  3. Terdapat Bookmark, untuk menandai suatu halaman.
  4. Dan masih banyak lagi fitur-fiturnya yang dapat anda explore sendri.
Kini dengan browser Lynx atau Elinks, kamu tetap bisa menjejalah atau browsing web meskipun degan koneksi internet yang sangat lambat. Karena web browser ini hanya akan menampilkan berupa text, sehingga bandwidht atau data paket internet yang digunakan sangat sedikit.

Semoga bermanfaat.

No comments for "Browser Lynx / Elinks : Browser Berbasis Text Mode"